Berkesenian di Kemenuh


Berkesenian di Desa Kemenuh

Kesenian tari/tabuh bagi masyarakat Kemenuh merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, dapat dilihat dari setiap ritual di pura-pura yang selalu dilengkapi dengan seni tari dan tabuh. Seperti adanya Tari Rejang Dewa, Tari Baris Gede maupun pagelaran Wayang Gedog dan kesenian lainnya. Setiap banjar adat di desa Kemenuh memiliki sekehe tari atau tabuh tradisional yang aktif tampil dalam setiap ritual di pura-pura. Beberapa sekehe (kelompok) maupun sanggar tari yang ada di Kemenuh, antara lain:

Joged Pingitan, Tegenungan

Dibawakan oleh gadis muda, belum pernah pacaran. Gamelan dalam tarian ini dimiliki sejak turun-temurun dan tetap terpelihara dengan baik. Tarian ini mengandung cerita Calon Arang, cerita rakyat, dan dimainkan dalam setiap piodalan di Pura dan setiap sasih kelima sampai sasih kesanga setiap kajeng kliwon serta kerap ditampilkan di Art Centre Bali.
Selama rentang waktu tersebut, tarian ini harus rutin dibawakan setiap 15 hari sekali untuk kesejahteraan masyarakat. Jika tidak, menurut kepercayaan masyarakat, akan terjadi bencana. Joged ini berbeda dengan jogged pada umumnya, biasanya prosesi “nyawat” (nyawer-memilih rekan penari dari penonton) bisa berlaku untuk semua orang, namun, pada Joged Pingitan prosesi nyawat hanya bisa dilakukan oleh para anggota kesenian saja.


Sekehe Gong PKK, Banjar Sumampan

Kelompok penabuh wanita yang sempat unjuk kebolehan di Art Center, Denpasar, Bali sebagai wakil Kabupaten Gianyar dalam rangka festival sekehe penabuh wanita antar kabupaten se-Bali pada tahun 2008. Sampai saat ini, kelompok tersebut tetap aktif menabuh di seluruh pura-pura di Bali, sesuai dengan permintaan.

 

 
Setiap banjar adat di Kemenuh

Setiap banjar adat memiliki sekehe gong tradisional beserta perangkat gong/gamelan masing-masing, untuk melengkapi kegiatan ritual di banjar adat mereka.

 


Sanggar Suara Pakerti, Banjar Medahan

Sanggar tari tabuh ini selalu mengadakan latihan rutin setiap menjelang pagelaran di pura-pura.

 

Sanggar Tari Barong, Banjar Tengkulak Kaja

Sanggar ini digerakkan dan beranggota para seniman muda. Latihan selalu diakukan setiap hari dan sanggar ini juga menerima permintaan untuk pentas. Saat ini mereka telah memiliki perangkat tabuh maupun sarana untuk kebutuhan pentas.

 

Sanggar Tari Kecak, Banjar Tegkulak Kaja

Sanggar ini beranggotakan sekitar 100 orang. Secara rutin setiap hari Jumat mereka melakukan pertunjukan tari kecak di The Cedi Club, Tengkulak Kaja.

 

Sanggar Tari Anak, Banjar Tengkulak Kaja

Selain sanggar tari anak-anak, juga terdapat sekehe gong PKK di banjar ini. Mereka selalu mengadakan latihan setiap menjelang upacara-upacara keagamaan.