Layanan

Dalam program pariwisata Desa Kemenuh, kami mengutamakan layanan pariwisata berbasis masyarakat yang unik dan menarik. Peserta akan terlibat secara langsung dengan aktivitas sehari-hari masyarakat setempat.

Village Overview

Menyaksikan kehidupan pedesaan dan kegiatan sehari-hari masyarakat Bali, seperti mengunjungi pura, balai banjar, sekolah, pemandian umum, kuburan umum, rumah adat Bali, dan menikmati suasana asri persawahan sembari menikmati kelapa muda segar yang langsung dipetik dari pohon kelapa.

Dapur Bali

Menyaksikan, mempelajari, dan menikmati santapan khas Bali, yaitu lawar dan sate Bali. Proses memasak lawar dan sate dalam bahasa Bali disebut mebat dan melibatkan beberapa sampai ratusan orang.

Subak Bali

Mengenalkan bagaimana petani Bali mengelola sawah dengan sistem irigasi mereka yang sudah sangat terkenal, yang diatur melalui organisasi Subak. Anda pun dapat terlibat langsung bersama para petani dan mengikuti kegiatan mereka saat mereka sedang mengelola sawah.


Cross Country atau Jogging Track

2 lintasan utama program ini:
a. Ganelangu – Pangiangan
LIntasan ini melewati situs Patih Pasung Grigis, yang terkenal dalam sejarah Bali Kuno. Titik awal dimulai dari samping Pura Dalem Pasung Grigis (Swandewi), dianjutkan menuju pemukiman penduduk di Banjar Tengkulak Kaja, lalu melintasi area persawahan di sepanjang bantaran sungai Petanu, dan berakhir di Pura Subak Pengiangan.

b. Pura Pemuteran – Air Terjun Tegenungan
Berawal dari Pura Pemutrean menuju setra (kuburan umum Adat Kemenuh), lalu menuruni pinggiran sungai Petanu, tempat adanya dinding batu bertatah tulisan huruf Palawa, dilanjutkan menuju Pura Dalem, lalu melintasi area persawahan di sepanjang bantaran sungai Petanu, dan berakhir di Air Terjun Tegenungan. Rute ini menelusuri cikal bakal desa Kemenuh dan terkait dengan situs Ida Pedanda Dang Hyang Nirarta beserta keluarganya.


Lila Budaya

Bagi mereka yang tertarik mempelajari bagaimana menabuh atau menarikan tarian Bali, program ini sangat sesuai. Program ini dapat diikuti perorangan ataupun kelompok.

Melukat

Melukat merupakan ritual penting bagi penganut agama Hindu di Bali dan dilakukan pada hari-hari tertentu untuk menyucikan sisi spiritual manusia. Ritual ini dimulai dengan membersihkan sekujur tubuh di pancuran suci lalu bersembahyang di Pura Tirta Empul Tampaksiring. Dalam proses ini digunakan sesajen atau pejati sebagai simbol kesungguhan hati dan mengunjungi pemangku atau pedanda untuk memohon berkat.


Puri Budaya

Program ini sesuai bagi Anda yang sedang berbulan madu atau ingin merayakan ulang tahun pernikahan. Proses dimulai pukul 4 sore, ketika sandikala (aura yang muncul saat pergantian waktu dari siang ke malam hari), dengan memberikan ritual segehan di depan pintu gerbang rumah. Setelah itu bersiap-siap dengan mengenakan pakaian adat Bali Agung untuk mengikuti natab (pemberkatan) dan megayot (ditandu dengan menggunakan kursi kebesaran).

Tari Barong dan Tari Kecak (sanggar)

Di Desa Adat Tengkulak Kaja, sekelompok anak muda dan masyarakat yang peduli terhadap kesenian setempat mendirikan sanggar kesenian tari dan tabuh. Sanggar ini memiliki sarana yang lengkap dan secara aktif mengadakan pertunjukan di berbagai restoran dan hotel di sekitar desa Kemenuh, juga menjalin kerja sama dalam bidang pertunjukan dengan kelompok Bali Budaya di Banjar Batusepih. Beberapa tarian yang ditampilkan antara lain tari Barong, tari Kecak, dan tari Legong.

Homestay

Menginap di rumah penduduk setempat, berbaur bersama mereka dengan segala keramahan, dan menjalani kehidupan sehari-hari di pedesaan bersama pemilik rumah. Puluhan rumah penduduk dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin menginap di desa Kemenuh.

Odalan

Puluhan pura, baik pura besar maupun pura kecil, di desa Kemenuh memiliki upacara odalan masing-masing setiap 6 bulan sekali atau 12 bulan kalendar Bali. Anda dapat mengikuti proses upacara, turut merasakan sibuknya persiapan menjelang setiap upacara, yang diwarnai dengan kebersamaan.


Untuk mengikuti program-program Desa Kemenuh atau sekedar berkunjung dan menginap di Desa Kemenuh, silakan menghubungi kami.
Setelah menghubungi kami, staff kami akan menjemput Anda di bandara atau hotel tempat Anda menginap, dan mengantar Anda mengelilingi atau mengikuti program pariwisata Desa Kemenuh serta menginap di salah satu akomodasi di Desa Kemenuh, sesuai dengan pilihan Anda.