Air Terjun Tegenungan

Keindahan air terjun Tegenungan bukan hanya menjadi daya tarik wisatawan mancanegara maupun domestic, tetapi banyak juga dikunjungi oleh masyarakat setempat. Air terjun Tegenungan adalah bagian dari aliran Tukad Petanu yang melintasi sepanjang Desa Kemenuh. Ketinggian air terjun Tegenungan mencapai 20 meter, dengan ketinggian tersebut dapat dirasakan getaran suara air yang berjatuhan. Keindahan air terjun Tegenungan disela-sela dinding-dinding batu cadas yang menghijau dapat dilihat dari area pemberhentian pertama. Di area ini terdapat warung-warung lokal yang menyajikan makanan dan minuman bagi para wisatawan.

Untuk mendekati air terjun ini, Anda harus menuruni 172 anak tangga. Sebelum tiba di air terjun, terdapat pemandian umum yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat. Sumber air pemandian umum ini sangat jernih dan bersih. Pemandian dibagi menjadi 2 tempat yaitu pemandian khusus untuk laki-laki dan pemandian untuk perempuan. Di sini juga terdapat Pura Beji yang digunakan sebagai tempat penyucian diri. Pengelolaan wisata air terjun ini dikelola oleh masyarakat Tegenungan di bawah pengawasan banjar adat setempat.

Obyek wisata air terjun ini memiliki fasilitas penunjang yang lengkap, seperti warung makanan dan minuman yang terletak di lokasi yang sangat strategis untuk melihat air terjun Tegenungan, toilet, area parkir, petugas kebersihan, petugas keamanan, dan bak sampah. Bagi para pecinta fotografi, tempat ini sangat sesuai untuk mendapatkan gambar lanskap air terjun, dikelilingi hamparan pepohonan yang mengitarinya. Titik-titik pengambilan gambar dapat ditemukan di berbagai tempat dengan sudut-sudut pengambilan gambar yang menarik dan menantang keahlian. Pengunjung tidak diperbolehkan berenang di sekitar area air terjun, melihat adanya palung yang cukup dalam. Untuk mereka yang ingin berenang atau berendam dapat dilakukan di sepanjang sungai atau di tempat pemandian umum.