Pemandian Umum Semampan

Di bawah Pura Beji, Banjar Sumampan, terdapat patung Dewi Sri setinggi kira-kira satu meter sedang memegang kendi yang terus mengucurkan air suci. Air ini digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana pembersihan diri secara spiritual, atau disebut juga “melukat”. Budaya “melukat” sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Bali, sebagai ritual pembersihan diri secara jasmani maupun rohani demi kesehatan maupun keselamatan.
Masyarakat Bali percaya, beberapa sumber air dapat mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang menggunakannya. Untuk itu di Pura Beji ini diyakini oleh masyarakat setempat sebagai salah satu sumber air yang memberikan kebaikan. Sehingga, keberadaannya hanya digunakan untuk kegiatan ritual saja. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan sarana air tersebut untuk keseharian, di samping tempat air suci terdapat pemandian umum yang terbagi antara pemandian untuk lelaki dan perempuan.
Sembari menapaki tangga menurun menuju lokasi pemandian yang berada di tengah sawah ini, Anda dapat menikmati suasana sejuk alam pedesaan yang bersih. Apabila ingin mencoba untuk menyucikan diri di Pura Beji, pendeta setempat akan menyertai berlangsungnya proses penyucian, dilengkapi dengan sarana upakara atau sesajen.