Selayang Pandang

Desa Kemenuh merupakan bagian dari Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar – Bali dengan jumlah penduduk sekitar 4.000 jiwa. Luas wilayah Desa Kemenuh sebesar 734 Ha dan dibagi berdasarkan peruntukannya, yaitu 75 Ha untuk pemukiman, 205 Ha untuk persawahan, 235 Ha untuk tegalan (perkebunan), dan lain-lainnya, seperti fasilitas umum, jalan, dan tempat ibadah seluas 218 Ha. Untuk lahan persawahan dan tegalan, sebagian digunakan untuk menanam padi dan palawija, dan lainnya untuk kedelai, ketela pohon, ketela rambat, dan kacang tanah. Sayuran yang banyak ditanam di desa ini adalah lombok, tomat, dan kacang panjang serta bawang merah. Sedangkan hasil perkebunan terbesar berasal dari kelapa, disusul kopi, cengkeh serta vanili. Untuk peternakan, ternak terbanyak adalah ayam kampung, itik, babi, sapi biasa, serta kambing.

Desa Kemenuh dibagi menjadi 11 Banjar Dinas. Banjar merupakan wilayah terkecil dari desa yang merupakan warisan budaya di Bali. Sebenarnya, banjar sudah ada sejak abad ke-11, tetapi, sebelumnya kelompok masyarakat di Bali ini disebut banua atau wanua yang artinya desa pada masa sekarang. Pada masa lalu, banjar dijadikan tempat berkumpul untuk berkreasi dan beraktivitas, sebagai tempat belajar bagi kelompok masyarakat yang tergabung dalam satu banjar. Disinilah masyarakat Bali mempelajari adat dan istiadat mereka secara turun menurun maupun sebagai tempat bertukar pikiran dan mengelola lingkungan atau masyarakat pada masa itu.

Saat ini, fungsi banjar sudah mulai bergeser. Banjar lebih banyak digunakan hanya untuk pertemuan (sangkep) yang membahas mengenai iuran warga, mengatur kehidupan sosial masyarakat, acara-acara keagamaan, formal maupun nonformal. Untuk mendapatkan pendidikan sudah berpindah tempat ke sekolah-sekolah formal yang disediakan pemerintah maupun swasta. Bahkan di kota-kota besar di Bali, fungsi banjar saat ini ialah sebagai pusat perekonomian dengan menyewakan banjar sebagai tempat berdagang masyarakat maupun untuk kepentingan bisnis lainnya.

Lingkup terkecil banjar disebut tempekan, yang dibagi berdasarkan kelompok rumah berdasarkan batas jalan maupun saluran air. Organisasi-organisasi kelompok masyarakat yang ada di Desa Kemenuh, yaitu:

 No Banjar Adat
Desa Adat
Subak
  1
 Banjar Tegenungan
 Desa Adat Tegenungan  Subak Tegenungan
 2  Banjar Kemenuh Kelod
 Desa Adat Kemenuh  Subak Kemenuh
 3  Banjar Kemenuh Kangin
 Desa Adat Sumampan  Subak Dauh Jero
 4  Banjar Kemenuh Kaja
 Desa Adat Tengkulak Kelod  Subak Babakan
 5  Banjar Medahan
 Desa Adat Tengkulak Tengah  Subak Gunung Sari
 6  Banjar Sumampan
 Desa Adat Tengkulak Kaja  Subak Pengiyangan
 7  Banjar Batu Sepih
   Subak Batugaing
 8  Banjar Tengkulak Mas
   Subak Dugul Enggong
 9  Banjar Tengkulak Tengah
   Subak Tengkulak
 10  Banjar Tengkulak Kaja Kauh
   Subak Sekembung
 11  Banjar Tengkulak Kaja Kangin
   

Organisasi-organisasi di Desa Kemenuh ini ditetapkan berdasarkan fungsi dan tujuannya untuk mengatur tatanan desa, lingkungan, dan adat/budaya. Sejak tahun 1970-an hingga sekarang, Desa Kemenuh sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai desa pengrajin patung kayu. Galeri atau workshop berjajar sepanjang jalan Desa Kemenuh, mulai dari pematung realist, kontemporer, maupun untuk produksi masal. Tokoh-tokoh pematung maestro seperti Ketut Tulak, Ketut Jedeng, Ida Bagus Ketut Lasem, dll, masih dapat Anda temui karya-karyanya di desa ini. Keahlian para maestro secara turun-temurun diwariskan kepada anak cucu mereka, sehingga kekhasan patung yang dihasilkan di desa ini menjadi identitas tersendiri dibandingkan pematung-pematung yang ada di luar Desa Kemenuh.

Kehidupan masyarakat pada umumnya adalah sebagai petani, masih banyak masyarakat yang bercocok tanam di lahan pertaniannya. Sebenarnya, kegiatan mematung adalah pekerjaan sambilan mereka untuk mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan sebagai petani. Selain kegiatan seni, kegiatan olahraga juga berjalan cukup aktif di desa ini, dilihat dari adanya lebih dari 10 perkumpulan bola voli yang cukup sering mengikuti kejuaraan-kejuaraan daerah dan beberapa perkumpulan olahraga lainnya.

Sepanjang jalan Desa Kemenuh ditata dengan asri, sehingga memberikan kesan kedamaian apabila Anda berkunjung ke desa ini.
Agendakan liburan Anda untuk melihat lebih jauh kehidupan masyarakat Kemenuh dan rasakan kedamaian, keasrian, maupun kehidupan ritual di Desa Kemenuh.